Apa yang New Zealand tawarkan kepadamu?

Apa yang New Zealand tawarkan kepadamu? New Zealand merupakan negara yang berada di paling selatan dunia. Negeri Kiwi (julukan New Zealand) ini sudah menjadi destinasi unggulan atau bahkan menjadi destinasi impian yang wajib untuk dikunjungi setidaknya sekali dalam hidup-mu! New Zealand diberkahi dengan hamparan alam yang cantik dan juga memiliki budaya yang kaya dan terus dijaga. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh New Zealand sehingga menjadi negara dengan destinasi unggulan? Yuk kita simak rangkuman versi Peponi Travel:

Penawaran pertama: Mudah untuk menikmati alam New Zealand

Captured by Sterlinglanier – lanier – Unsplash

New Zealand memang terkenal dengan kekayaan alamnya. Bukan berarti kamu perlu usaha lebih untuk menikmati keindahan alam tersebut loh! Semua ini dapat kamu lakukan dengan mudah. Transportasi di New Zealand sangat terintegrasi dengan baik loh! Mulai dari jalan raya, kereta, bus dan ferry dapat dengan mudah digapai sehingga rute kamu untuk mencapi destinasi alam yang indah dapat dipermudah.

Salah satu transportasi yang banyak benefitnya adalah menggunaan mobil untuk road trip! Kenapa? , New Zealand merupakan destinasi spektakuler untuk melakukan Road trip. Setiap sudut negeri kiwi seakan menjelaskan kalau New Zealand ini tercipta untuk road trip! Rute perjalanan yang saling terintegrasi satu sama lain memudahkan kamu dalam menjelajahi New Zealand dengan mudah! Bersama Peponi, kamu akan diajak berpetualangan road trip di beberapa scenic route (rute terbaik) seperti Christchurch – Lake Tekapo yang penuh dengan bukit hijau, Lake Tekapo – Mount Cook dengan pegunungan salju abadinya, hingga Twizel – Queenstown yang diwarnai dengan perkebunan, kota kecil, sungai, dan danau raksasa.

Perjalanan Road trip ini juga cukup fleksibel! Jika misalnya kamu melihat ada spot foto yang cocok untuk latar kamu di dalam perjalanan, jangan sungkan untuk beri tahu kami! Karena kami tidak akan segan untuk menepi dan berfoto di spot tersebut! Karena bagi kami senyum kamu sangat berarti.

Penawaran kedua: Pemandangan alam yang sangat indah!

Banyak sekali pemandangan indah dan cantik yang dapat kamu temukan di sana! Apa saja?

Lake Pukaki

Captured by Christian Holzinger – Unsplash

Merupakan danau terbesar dari tiga danau alpen dengan luas 178,7 km, dan ketinggian permukaan danau biasanya berkisar dari 518,2 hingga 532 meter di atas permukaan laut. Danau ini merupakan danau yang indah serta memiliki air yang berwarna biru turquoise dan jernih! Warna biru jernih tersebut terbentuk oleh tepung gletser yaitu partikel batuan yang sangat halus dari gletser. Nah, Lake Pukaki juga menjadi lokasi syuting dari The Hobbit: The Desolation of Smaug! Yup, danau raksasa ini menjadi setting Lake Town dalam film Hobbit tersebut.

Lake Tekapo

Captured by Nareeta Martin – Unsplash

Merupakan danau terbesar kedua dari tiga danau alpen di Mackenzie Region. Danau ini memiliki luas 83 kilometer persegi dan berada di ketinggian 710 meter (2.330 kaki) di atas permukaan laut. Danau ini tentu menyajikan pemandangan yang indah dengan salah situs sejarahnya yaitu Church of the Good Shepherd yaitu gereja yang pertama kali dibangun pada tahun 1935. Bangunan tua ini juga menjadi gereja pertama kali dibangun di Mackenzie Basin Area.

Paradise

Source Images: Jonistravelling.com

Paradise, sesuai namanya, menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan! Tentu jika kamu kesini, kami menghimbau kamu untuk melupakan sejenak duniamu dan nikmatilah keindahan alam yang tidak ada duanya! Nama Paradise ini diambil karena memang keindahan alam disana yang luar biasa. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa nama Paradise ini diambil karena banyaknya Angsa Paradise yang tinggal disana. Untuk menuju ke kawasan ini, kamu pasti akan melewati sebuah kota kecil yang tak kalah indah yaitu Glenorchy yang merupakan kota kecil yang sangat cantik, terletak di antara Mount Aspriring National Park & Fiordland National Park yang merupakan situs UNESCO. Ikon kota ini adalah Red House yang dulu adalah sebuah Boat House tempat masyarakat sekitar bepergian ke kota Queenstown menggunakan perahu. Berfoto dengan Red House ini adalah kewajiban dan dapat kamu lakukan dalam itinerary perjalanan bersama Peponi Travel.

Mount Cook

Captured by Jean-Pierre Brungs – Unsplash

Merupakan gunung tertinggi di New Zealand . Dengan ketinggian 3.724 meter (12.218 kaki) dan terletak di Pegunungan Alpen Selatan, pegunungan yang membentang di sepanjang Pulau Selatan dan menjadi tujuan wisata popular! Nah, gunung ini memiliki nama lain yaitu Aoraki dimana nama tersebut merupakan nama putra dari Rakiniu, The Sky Father dari legenda Maori. Dikisahkan Aoraki dan 3 saudaranya sedang melakukan perjalanan di bumi dan mereka terdampar. Lalu angin selatan yang sangat dingin membekukan mereka dan mereka berubah menjadi batu. Aoraki yang memiliki tubuh yang tinggi menjadi puncak yang tinggi sedangkan saudaranya menjadi Pengunungan Alpen Selatan. Nama Mount Cook sendiri kemudian diberikan oleh pemukim dari Eropa dimana Pada tahun 1998, gunung tersebut secara resmi diubah namanya menjadi Aoraki / Mt Cook untuk memasukkan warisan Māori-nya. Tentu gunung ini akan menjadi latar yang sempurna untuk foto kamu. Oh ya, kamu juga dapat menikmati trekking spektakuler hingga mencapai titik terdekat di bawah Mount Cook.

Milford Sound

Captured by Peter Hammer – Unsplash

Milford Sound terletak di dalam Taman Nasional Fiordland di barat daya Pulau Selatan New Zealand dan menjadi sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Milford Sound adalah Hidden Gems Taman Nasional Fiordland karena kecantikan yang yang tersembunyi dari tempat ini. Dalam Legenda Maori, Milford Sound terbentuk oleh Tu-te-raki-whanoa. Beliau diyakini sebagai sosok seorang yang baik hati yang bertanggung jawab dalam membentuk Pantai Fiordland dengan melantukan doa yang kuat. Ia meretas dinding batu yang menjulang tinggi. Milford Sound dalam Bahasa Maori berasal dari kata “satu piopio”. Piopio merupakan seekor burung yang sudah punah dan diyakini kembali hanya untuk berduka atas  seorang pahlawan Maui yang meninggal karena berusaha memenangkan keabadian untuk orang-orang dicintainya!

Milford Sound membentang sepanjang 15 kilometer ke pedalaman dari Laut Tasman dan dikelilingi oleh gunung bebatuan setinggi 1.200 meter. Di antara puncak batu ada yang menyerupai kepala gajah setinggi 1.517 meter dan singa setinggi 1.302 meter (4.272 kaki). Selain itu terdapat hutan hujan Lush di antara tebing-tebing ini loh! Nah, disini kamu bisa melihat anjing laut, penguin, dan lumba-lumba serta ikan paus di sekitar tebing dan air terjun. Tentu berkunjung ke Milford Sound adalah keharusan dan salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Queesntown.

Penawaran ketiga: Stargazing yang mengesankan

Captured by Graham Holtshausen – Unsplash

New Zealand menjadi salah satu destinasi terbaik untuk melakukan aktivitas ini. Hal ini dikarenakan, negeri kiwi memang sudah terkenal dengan alam yang indah dan juga bebas dari polusi cahaya maupun udara! Tempat terbaik New Zealand untuk melakukan kegiatan Stargazing berada di Lake Tekapo karena terletak di Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve (4,300Km2). International Dark Sky Reserve? merupakan sebuah sebutan untuk langit yang gelap dan minim dari polusi cahaya sehingga membuat kualitas langit tidak terganggu untuk melakukan kegiatan Stargazing. Hebatnya lagi, Aoraki Mackenzie area ini sudah diakui menjadi tempat paling gelap di dunia loh!

Nikmati pemandangan jutaan bintang di langit yang siap membuat kamu terpukau! Oh iya! Berlibur bersama Peponi Travel ke New Zealand, akan memberikan kamu pengalaman spektakuler menikmati bintang di langit tepatnya di International Dark Sky Reserve, Mackenzie.

Penawaran Keempat: Belajar Budaya Maori

Selain keindahan alamnya, New Zealand juga lekat dengan budaya yaitu kebudayaan dari Suku Maori. Suku Maori merupakan suku asli yang mendiami wilayah New Zealand, dipercaya bahwa mereka datang ke middle earth lebih dari 1000 tahun yang lalu dari Hawaiki tanah mitos mereka di Polynesia. Lalu, apa saja sih budaya dari Suku Maori?

Powhiri & Hongi – Penyambutan Khas Suku Maori

Joko Widodo menerima salam Maori Hongi. (Foto: AFP/Marty Melville)

Pada awal mulanya Powhiri dilakukan oleh seorang pejuang tangata whenua (tuan rumah) untuk menantang manuhiri (tamu). Meski kesannya menyeramkan ternyata Powhiri merupakan sambutan resmi dan menunjukan keramahan Maori loh! Hal paling unik adalah tradisi Hongi yaitu menempelkan hidung sebagai pengganti tradisi salaman. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat melakukan tradisi ini saat berkunjung ke New Zealand beberapa waktu yang lalu.

Bahasa Maori

source: newzealand.com

Bahasa Maori ternyata memiliki struktur yang logis dan umumnya tidak seperti Bahasa Inggris yang memiliki aturan yang konsisten dalam pengucapan. Bunyi vokal bahasa Māori umumnya relatif sulit bagi pembicara bahasa Inggris namun bagi pembicara bahasa Indonesia/Melayu, kesulitan hanya membedakan antara vokal pendek dan panjang. Nah jika kamu berlibur ke New Zealand cobalah beberapa frasa berikut :

Kia ora – Halo

Kia ora tātou – Halo semuanya

Tēnā koe – Salam untukmu (diucapkan untuk 1 orang)

Tēnā koutou – Salam untuk kalian (diucapkan untuk 3 orang atau lebih)

Nau mai, haere mai – Selamat Datang

Kei te pēhea koe? – Apa kabarnya?

Kei te pai – Baik

Tino pai – Sangat baik

Ka kite anō – Sampai jumpa lagi

Penawaran Kelima: Kota Adventure

Selain memiliki alam yang indah, New Zealand juga memiliki kota yang dijuluki sebagai ‘The Adventure Capital of The World”, yaitu Queenstown yang juga menjadi kota dengan masa tinggal terlama dalam itinerary Peponi di negeri kiwi. Apa saja yang dapat kamu temukan di sana?:

Skyline Gondola & Luge

source: Skyline Gondola Queenstown
source: Skyline Luge Queenstown

Kamu harus mencoba ini! Ketika kamu menaiki gondola, kamu akan menikmati pemandangan kota Queenstown dari ketinggian 450 meter! Nah gondola ini akan membawa kamu ke sebuah lounge yang dimana kamu dapat menikmati panorama 220 derajat dengan pemandangan menakjubkan. Nah, setelah itu kamu wajib mencoba mengendarai Luge (sejenis gokart) yang akan mengajak kamu melewati 800 meters tikungan dan juga terowongan. Rasakan sensasi menakjubkan menuruni bukit dengan luge sambil memandangi keindahan alam New Zealand. Perhatian: Sekali saja tidak cukup!

Shotover Jetboat

source: Shotover Jet Boat Queenstown

Bagaimana jika keindahan dan kekuatan digabung jadi satu? Yup, Shotover Jetboat akan membawa kamu menikmati keindahan dari tebing yang menjulang di antara sungai dengan menaiki jetboat dengan kecepatan 85km/jam! Tentu ini akan menjadi pengalaman yang unik dan menakjubkan bagi kamu pecinta alam. Kami sarankan untuk berpegang erat karena kamu akan dibawa untuk mencoba putaran terkenal mereka yaitu putaran 360 derajat!

Wanaka Skydiving

source: Wanaka Skydiving

Benar jika Queenstown dikenal sebagai tempat untuk memacu adrenalin! Disini kamu akan merasakan spot Skydiving terbaik dunia! Dengan pemandu yang sudah pasti jangan ditanyakan lagi kemampuannya. Kamu akan diajak untuk terjun dari ketinggian bervariasi yaitu 9000ft, 12000ft, 15000ft! kamu akan menikmati pemandangan dari 6 danau yang indah serta pegunungan alpen. Apakah kamu berani?

Queenstown Trail: Biking (Bersepeda)

source: Queenstown Trail

Yup, Queenstown merupakan salah satu kota yang ramah dengan pesepeda loh! Kota ini juga merupakan destinasi impian bagi para pesepeda dunia. Kamu bisa bersepeda mengelilingi ke kota tua bekas peninggalan penambang emas di Arrowtown, Kawarau bridge bungy jumping yang ikonis, serta melewati berbagai kafe di Gibbston. Rute lainnya juga meliputi bersepeda di pinggir Danau Wakatipu yang sangat indah.

Bungy Jumping

AJ Hackett Bungy Jumping Ledge Queenstown by Pure New Zealand

AJ Hackett adalah seorang wirausaha asal New Zealand yang pertama kali membuat Bungy Jumping populer dan mendunia. Hal ini membuat New Zealand menjadi rumah dari berbagai jenis atraksi adrenalin ini dari utara hingga selatan. Salah satu favorit-nya adalah Bungy Jumping yang dilakukan di Queenstown dimana terdapat 2 lokasi yaitu Kawarau Bridge dan Ledge Queenstown. Hayo, berani tidak?

Dan itulah hal yang ditawarkan oleh New Zealand untuk berlibur ke sana! Bagaimana jadi ingin berlibur ke New Zealand? Ayo ikuti New Zealand spectacular Journey bersama Peponi Travel! Yuk kepoin paketnya di sini atau kamu dapat langsung saja menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151. Dan jangan lupa untuk follow sosial media kami di Instagram @peponitravel, untuk mengetahui update promo liburan ke New Zealand dan informasi seputar destinasi impian kamu


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s