5 Fakta dari patung Merlion Singapura

Halo kembali lagi StoryofPeponi yang akan membahas berbagai macam fakta unik dari destinasi unggulan dunia! Yup, karena Peponi Travel baru saja menghadirkan perjalanan terbaru ke Singapura, ini saat yang tepat untuk kita mengenali negeri singa ini dengan lebih mendalam. tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan patung singa yang berbadan ikan yang selalu menjadi spot foto menarik ketika berlibur ke Singapura! Merlion namanya, patung ini berlokasi di Marina Bay, lokasi hits di negara tetangga Indonesia ini! Dibalik, kepopulerannya terdapat beberapa fakta unik loh tentang patung ini. Apa saja?

Lekat dengan sejarah Singapura

Captured by Jisun Han – Unsplash

Yup, patung ini lekat loh dengan sejarah dari Singapura! Singkatnya patung ini dbuat oleh seorang Zoologis bernama Alec Fraser-Brunner. Patung merlion yang merepresentasikan kepala singa yang berbadan ikan ini ada kaitannya dengan bagian sejarah Singapura dan mitologi. Untuk bagian kepala merujuk kepada Sang Nila Utama, pangeran Sriwijaya yang mengaku sebagai pemberi nama Singapura. Nama Singapura ini berarti Kota Singa dalam bahasa sansekerta. Namun singa sendiri bukan hewan endemik Singapura loh.

Untuk ikan melembangkan kemajuannya pelabuhan sejak abad 14. Memang Singapura sangat terkenal dengan pelabuhannya.

Terdapat 7 patung Merlion

Captured by Jisun Han – Unsplash

Nah, patung merlion ini ternyata tidak hanya ada satu! Total terdapat 7 buah patung Merlion di sana. Di mana saja kah itu?
Pertama – patung Merlion yang berlokasi di Merlion Park

Kedua – patung Merlion kecil Merlion yang juga ada di Merlion Park

Ketiga – patung Merlion yang ada di Sentosa Island dan diklaim sebagai patung Merlion tertinggi

Keempat – patung Merlion yang berada di puncak Gunung Faber

Kelima – patung Merlion yang berada di Singapore Tourism Board

Keenam  dan Ketujuh – patung Merlion ini berada di kawasan pemukiman besar Singapura, Ang Mo Kio

Banyak sekali ya! Kamu setidaknya dapat menemukan minimal 3 patung merlion saat menjelajahi Singapura bersama Peponi.

Patung Merlion paling pertama

Captured by Aishah Rahman – Unsplash

Di mana patung merlion pertama di bangun? Patung pertama yang dibangun adalah patung yang sampai sekarang selalu menjadi spot foto terbaik bagi para turis! Patung ini yang berada di Merlion Park dan mengeluarkan air mancur. Patung ini dirancang oleh Kwan Sai Kheong, mantan duta besar Singapura untuk Filipina.

Patung ini pernah mengalami perubahan tempat karena pemandangan dari patung ini menghadap jembatan Esplanade yang dibangun pada tahun 1997 dan dipindah dari posisi semula sejauh 120 meter pada tahun 2002. Dan sekarang patung ini memiliki pemandangan yang lebih indah yaitu Marina Bay Sands.

Pernah menjadi bagian hotel

Source Images: Luxuo

Yup, patung Merlion yang berdiri di Merlion Park ini pernah menjadi salah satu dekorasi sebuah hotel loh! Maksudnya bagaimana? ini dia penjelasannya! Pada tahun 2011 melalui event Singapore Biennale yang merupakan sebuah acara pameran seni, seorang seniman Jepang bernama Tatzu Nishi merancang sebuah hotel pop-up tepat berada di bagian kepala patung Merlion! Nama hotel ini adalah The Merlion Hotel yang menawarkan bermalam bersama patung Merlion! Para tamu disugguhi kamar yang mewah dengan patung Merlion sebagai dekorasi utama. Diketahui saat hotel ini resmi dibuka, hotel ini sudah penuh dengan pesanan! Untuk sekarang, hotel tersebut sudah tidak ada ya, karena hanya untuk event saja.

Selalu menjadi spot foto terbaik!

Captured by Kelvin Ang – Unsplash

Ke manapun kamu pergi menyusuri Singapura, tidak lengkap jika tidak befoto dengan patung Merlion ini! salah satu yang memiliki pemandangan yang unik adalah patung Merlion yang berdiri di Merlion Park dengan view Marina Bay Sand dan gedung-gedung pencakar langit di tengah Merlion Park. Lebih keren lagi saat malam, kamu akan melihat kelap kelip lampu  dari Marina Bay Sand dan gedung-gedung pencakar langit. Nah pada umumnya sekitaran Merlion Park terdapat jajanan dan live musik yang membawa suasana menjadi luar biasa.

Dan itulah pembahasan Merlion Park ikon dari Singapura! Bagaimana? tertarik untuk ketemu langsung dengan patung satu ini? Yuk ikuti Best Singapore Adventure bersama Peponi Travel! Kepoin paketnya di sini atau kamu dapat langsung saja menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151. Dan jangan lupa untuk follow sosial media kami di Instagram @peponitravel, untuk mengetahui update promo liburan ke Singapura dan informasi seputar destinasi impian kamu.


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s