5 koleksi British Museum yang harus kamu lihat!

Suka dengan hal mengenai sejarah? Mengapa tidak mengunjungi British Museum saat di London bersama Peponi Travel? Yup, British Museum merupakan sebuah museum terlengkap dan terbesar di dunia yang meyimpan berbagai macam koleksi penting dalam sejarah umat manusia.

Museum ini berdiri pada tahun 1753. Pada awalnya museum ini hanya berisi koleksi miliki dokter dan ilmuwan bernama Sir Hans Sloane hingga menjadi museum yang memiliki koleksi peninggalan sejarah penting dari belahan dunia! Diketahui untuk sekarang koleksi di sana mencapai 8 juta benda sejarah penting.

Dari banyaknya koleksi yang dimiliki oleh British Museum, ada setidaknya 5 koleksi benda yang wajib kamu lihat saat mengunjungi British Museum! Kira-kira apa saja?:

Rosetta Stone

Source: British Museum

Koleksi pertama yang wajib kamu lihat adalah Rosetta Stone yang merupakan sebuah kunci untuk membuka hieroglif Mesir Kuno. Benda ini merupakan benda yang sangat penting! Karena dengan benda ini para ilmuwan dapat meneliti tentang sejarah dari Mesir kuno hingga kepercayaan kehidupan di alam baka.

Rosetta Stone pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh tentara dari Napoleon Bonaparte saat mengadakan operasi militer di Mesir. Namun saat pasukan Napoleon mengalami kekalahan, Rosseta Stone menjadi property miliki Inggris di bawah perjanjian Treaty of Alexandria.

Maka dengan itu Rosseta Stone menjadi salah satu koleksi dari British Museum yang wajib kamu lihat saat di sana.

Klik di sini untuk info biaya terendahnya!

The Ife Head

Source: British Museum

Merupakan sebuah patung kepala kuningan yang sudah berusia kurang lebih 600 tahun. nah, patung kepala ini menggambarkan dari seorang Ooni yang merupakan raja suci dari Kerajaan Ife di Afrika Barat. Sampai sekarang gelar Ooni tetap digunakan sebagai bagian dari sejarah dan diberikan kepada pemimpin tradisional di sana.

Aztec Serpent

Source: British Museum

Merupakan sebuah patung ular berkepala dua yang terbuat dari sekitar 2.000 buah pirus ( batu mineral yang tidak tembus cahaya) di atas alas kayu. Patung  memiliki makna ritual dan dikenakan atau dibawa selama upacara keagamaan. Bagi suku Aztec ular merupakan mahkluk yang suci karena merupakan simbol dari dewa ular berbulu, Quetzalcoatl.

Klik di sini untuk info biaya terendahnya!

Sophilos Vase

Source: British Museum

Ini merupakan sebuah mangkuk peninggalan sejarah dari Yunani Kuno yang dulunya digunakan untuk menyimpan wine atau air dalam sebuah pesta. Mangkuk ini diciptakan di Athens pada tahun 580 sebelum masehi! Wow sudah lama sekali bukan?
Yang menarik dari mangkuk ini adalah terdapat gambaran cerita dari mitologi Yunani! Gambaran di gelas itu menceritakan pernihakan dari Peleus dan Thetis, orang tua dari Achilles, pejuang terhebat dari Perang Trojan.

Crouching Venus

Source: British Museum

Kita tentu tahu Venus merupakan sebuah planet yang cantik di tata surya kita. Nama Venus sendiri merupakan salah satu dewi dalam mitologi Yunani yang terkenal sebagai Dewi Cinta. Di British Museum  kita dapat melihat patung Venus berjongkok. Nah, patung ini merupakan penggembaran dari Dewi Venus versi dari Romawi! Unik sekali ya.

Haida House Pole

Source: British Museum

Ini merupakan sebuah peninggalan sejarah berupa tiang dan memiliki ukiran mahkluk leluhur yang menandai sebuah identitas. Tiang ini diperkirakan dibuat pada tahun 1850 dan pernah bediri di depan rumah ketua klan di desa Kayang, British Colombia, Kanada. Sayangnya desa Kayang tersebut harus ditinggalkan oleh para warganya karena Epidemi. Sehingga tiang berdiri di sana dijual ke seorang dokter yang juga sebagai kolektor. Melihat memiliki nilai sejarah yang tinggi, British Museum membelinya dari dokter tersebut sebagai koleksi yang dapat kamu lihat di sana!

Klik di sini untuk info biaya terendahnya!

Dan itulah pembahasan terkait 5 koleksi British Museum di London yang harus kamu lihat saat berada di sana! Kira-kira kamu tertarik pada koleksi apa ya di sana?

Bersama Peponi, kamu bisa mengunjungi British Museum dengan mengikuti England Autumn Discovery Open Trip Nov 2022! Klik di sini untuk mempelajari paketnya atau dapat langsung menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151. untuk reservasi mudah dan pertanyaan terkait informasi perjalanan. Dan jangan lupa untuk follow sosial media kami di Instagram @peponitravel, untuk mengetahui update promo liburan ke United Kingdom dan informasi seputar destinasi impian kamu!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s