5 Sungai Paling Bersih di Dunia! Dulunya ada yang menjadi sungai terkotor loh!

Sungai, memiliki banyak fungsi untuk kehidupan! Sungai banyak digunakan sebagai tempat rekreasi, pembangkit listrik tenaga air, kehidupan bagi biota air tawar dan banyak yang mengandalkan sungai sebagai tempat mencari mata pencarian. Maka dengan itu sungai tidak boleh dibiarkan kotor karena sungai sebagai sumber air bagi kehidupan! Nah, untuk itu StoryofPeponi akan membagikan informasi terkait sungai paling bersih di dunia! Siapa tahu memotivasi salah satu dari kita untuk merawat sungai sekitar kita. Yuk kita simak rangkuman spesial Peponi Travel:

Sungai St Croix, Amerika Serikat

Source Images: Travel Wisconsin

Pembahasan pertama ada sungai St Croix yang berada di Negeri Paman Sam. Lebih tepatnya sungai ini mengalir melintasi negara bagian Wisconsin dan Minnesota dengan panjang sungai mencapai 264 kilometer. Sungai ini terkenal menjadi salah satu sungai paling bersih di dunia dan sungai ini dilindungi oleh National Park Service karena menjadi sumber daya pembangkit listrik tenaga air untuk warga Minneapolis.

Dahulunya sungai St Croix pernah menjadi sungai yang kotor karena maraknya industri kayu yang menggunakan sungai St Croix sebagai jalur transportasi. Namun pada tahun 1915, pemerintah mengambil alih sungai dan berusaha membuatnya untuk kembai bersih! Tentu usaha ini berhasil sehingga sungai St Croix dinobatkan sebagai salah satu sungai paling bersih di dunia!

Sungai Soa – Slovenia

Source Images: Peakpx.com

Selanjutnya ada sungai Soa yang menjadi salah satu sungai paling bersih di dunia. Sungai Soa memiliki panjang 138 km yang mengalir dari utara Slovenia dan berakhir di Laut Adriatik. Keindahan yang dimiliki dan kejernihan air pada sungai ini jelas membuatnya menjadi salah satu sungai paling bersih di dunia.

Air di sana berwarna hijau dan disekitar sungai terdapat bebatuan serta pepohonan hijau yang menghiasi bak lukisan!

Sungai Futaleufu – Argentina

Source Images: Wikipedia

Jika ke Argentina sempatkanlah untuk berkunjung ke Sungai Futaleufu yang lokasi tepatnya berada Provinsi Chubut, Argentina. Sungai ini melintasi perbatasan Argentina dan Chili serta memiliki panjang 105 km.

Sungai ini bersih dan sangat indah hingga penduduk lokal menyebut sungai ini sebagai “un paisaje pintado poor Dios” yang memiliki arti sebagai pemandangan yang dilukis oleh Tuhan. Hal ini didasari oleh air sungai yang jernih karena dihasilkan oleh gletser dan belum lagi disekitar sungai terdapat tumbuh-tumbuhan berwarna hijau yang menambahkan kesan indah!

Selain indah, sungai ini juga dinobatkan sebagai salah satu sungai terbaik untuk aktivitas arung jeram!

Sungai Hanalei – Hawai

Source Images: Travel Poipu // Tom Fuller

Nah, Hawai memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi yang memiliki alam yang indah! salah satu yang menarik adalah sungai Hanalei yang melintas dari lereng timur gunung wai’ ale’ ale dan berakhir di teluk Hanelei memiliki panjang 26 km.

Sungai ini memiliki bagian yang rendah dan mengalir menuju ke Suaka Margasatwa Nasional Hanalei. Selain itu bagian yang rendah ini juga mengalir menuju pertenakan. Sungai ini memiliki pemandangan sekitar yang indah dengan hamparan sawah hijau dan juga bukit!

Sungai ini ditetapkan menjadi salah satu warisan bagi negeri Paman Sam pada tahun 1998 oleh Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.

Sungai Thames – Inggris

Captured by Pietro De Grandi – Unsplash

Terakhir ada sungai yang terkenal di dunia, Sungai Thames yang sudah menjadi bagian dari ikon kota London. Sungai ini mengalir di bawah London Bridge. Merupakan sungai yang sangat populer di London. Sungai ini terbentang dari selatan Inggris dan memiliki panjang 346 km sehingga sungai Thames dinobatkan sebagai sungai terpanjang kedua di Inggris loh! Jika kamu berada disini kamu akan melihat pemandangan yang fantastis akan sungai yang membentang di antara berbagai situs sejarah di London seperti Tower of London, Tower Bridge, London Bridge, dan London Eye.

Dahulunya sungai Thames pernah menjadi sungai yang kotor dan dianggap sebagai sungai mati karena kontaminasi pada sungai itu sangat tinggi sehingga biota yang hidup di sekitar sungai tidak dapat bertahan. Bahkan saking kotornya sungai Thames pada tahun 1866, sungai Thames dipercaya sebagai salah satu penyebab merebaknya penyakit kolera! Ngeri sekali ya.

Nah, melihat hal itu tentu pemerintah setempat tidak tinggal dia dan mencoba untuk membersihkan sungai Thames agar tidak menjadi salah satu tempat tinggal penyakit. Terbukti dengan usahanya sungai Thames dinobatkan salah satu sungai paling bersih di dunia!

Jadi saat kamu berkunjung ke sana, kamu tidak perlu khawatir karena sungai ini sangat dijaga kebersihannya agar kejadian seperti dulu tidak terulang.

Inilah pembahasan tentang sungai paling bersih di dunia! Mari kita terus menjaga sungai kita agar terhindar dari bencan dan juga wabah penyakit. Psst….cari inspirasi liburan ke destinasi impian kamu yuk! cek langsung melalui website Peponi Travel di sini.


Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui informasi menarik lainnya!  Yuk kita liburan kembali!


Writer: Dylen Kumara, Darian, #TeamofPeponi
Editor: Darian, William, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s