Ini dia 5 fakta menarik pesawat yang jarang diketahui!

Pesawat merupakan sebuah opsi utama sarana transportasi untuk bepergian dengan jarak jauh. Tentu ini akan menghemat waktu perjalanan dan menaiki pesawat menjadi pengalaman yang menarik.

Dibalik menjadi sebuah moda transportasi paling menarik, pesawat menyimpan fakta unik loh! Apalagi jika kamu memang gemar bepergian menggunakan pesawat wajib tahu fakta ini:

Pesawat mempunyai klakson loh!

Captured by John Mcarthur – Unsplash

Nah, fakta pertama ini sudah cukup unik bukan? Memangnya iya, pesawat memiliki klakson? Kok tidak pernah dengar ya? Untuk menjawab pertanyaan ini, pesawat itu memiliki klakson, namun gunanya tentu bukan untuk menarik perhatian pesawat lain, menakuti burung atau membuat kamu bingung terdengar suara asing dari langit.

Klakson ini hanya digunakan saat pesawat dalam kondisi diam di darat dan digunakan untuk beberapa keperluan teknisi pesawat saja. Sebagai contoh, saat teknisi berada di ruang kokpit menemukan suatu hal, maka teknisi di dalam pesawat akan membunyikan klakson untuk menarik perhatian teknisi lain yang berada di luar pesawat.

Pintu pesawat tidak bisa dibuka saat terbang

Captured by Eva Darron – Unsplash

Mungkin jika melihat dalam fim-film pintu pesawat seakan sangat mudah dibuka saat terbang! Namun faktanya pintu pesawat sulit dan hampir tidak mungkin dapat dibuka saat terbang. Hal ini dikarenakan saat mengudara untuk menbuka pintu pesawat kamu harus menaklukkan tekanan sebarat 11.000 kg dan ditambah terdapat kunci mur yang menjaga pintu tetap tertutup!

Suhu pesawat sebenarnya tidak terlalu dingin!

Captured by Jc Gellidon – Unsplash

Nah, mungkin kamu merasa bahwa kenapa ya suhu di dalam pesawat sangat dingin dan bahkan kamu perlu selimut serta pakaian hangat untuk melawan udara dingin tersebut. Namun tahukah bahwa rata-rata suhu pesawat hanyalah 23 derajat celcius dan bahkan suhu ini hampir sama dengan suhu perkantoran pada umumnya! Namun kenapa terasa dingin sekali? Hal ini dikarenakan kamu tidak dapat banyak bergerak saat di pesawat sehingga tubuh kamu tidak menghasilkan panas! Jadi seakan sangat dingin sekali di dalam pesawat.

Pesawat dirancang anti petir!

Captured by Ross Parmly – Unsplash

Apakah kamu pernah merasakan di dalam pesawat dan ada petir yang menyambar di sekitar pesawat? Jangan takut! Pesawat modern sudah dirancang anti petir sehingga jangan takut pesawat yang kamu naiki akan tersambar oleh ganasnya petir.

Bagian badan pesawat telah dirancang untuk mengalirkan keluar arus listrik menuju ekor pesawat. Jadi tenang saja ya! Kamu dalam keadaan yang aman.

Makanan Pilot dan Co Pilot harus berbeda

Captured by Blake Guidry – Unsplash

Nah, ini dia yang unik! Makanan Pilot dan Co Pilot harus berbeda karena untuk mencegah bila ada salah satu dari mereka keracunan makanan. Jika salah satu dari mereka keracunan makanan maka pesawat tetap dapat dioperasikan dengan baik


Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui informasi menarik lainnya!  Yuk kita liburan kembali!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s