5 Fakta Kota Sydney yang harus kamu tahu!

Sydney, merupakan salah satu kota terbesar di Australia dan menjadi Ibu Kota Negara Bagian New South Wales. Diketahui kota ini memiliki populasi sebanyak 4.34 juta jiwa dan kota ini memiliki luas 12.000 km2. Kota ini menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Australia, karena kota ini terdapat salah satu ikon menarik Australia yaitu, Sydney Opera House. Kota ini juga menjadi ambil bagian dalam nominasi World’s Most Livable Cities yang di mana Sydney memenuhi kriteria penting dalam keamanan, Pendidikan, kebersihan, rekreasi, stabilitas politik – ekonomi dan transportasi publik. Tidak hanya itu saja Sydney juga memiliki beberapa fakta unik yang harus kamu tahu sebelum kamu pergi ke sana! Mari kita simak:

Terdapat, Sydney Opera House

Captured by Photoholgic – Unsplash

Salah satu hal mengapa harus ke Sydney adalah adanya bangunan ikonik dan unik  Australia, Sydney Opera House. Sejarah singkat, desain dari Sydney Opera House didapat dari pemenang kontes desain yang diadakan oleh Joseph Cahill, seorang pemerintah New South Wales pada tahun 1955. Pemenangnya merupakan seorang arsitek bernama Jorn Utzon. Desain dari Jorn Utzon ini sempat diperdebatkan oleh para juri. Terdapat tiga juri yang menolak desain tersebut, namun juri keempat bernama Eero Saarinen yang merupakan arsitek ternama asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa karya Jorn Uzton sangat luar biasa, sehingga Jorn Uzton dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

Sydney Opera House memiliki tinggi bangunan 67 meter di atas permukaan laut dan luas bangunan ini sekitar 120 meter. Tentu Sydney Opera House memiliki hal unik dengan atap yang menyerupai kerang! Selain memiliki atap berbentuk kerang bentuk gedung ini juga terinspirasi dari kulit jeruk loh! Hal ini berawal dari Utzon yang sedang memikirkan desain Sydney Opera House sambil memakan jeruk. Dan kerennya, dilansir dari Suara.com gedung ini terinspirasi dari Jeruk Bali. Untuk keramik yang digunakan pada gedung ini merupakan keramik khusus yang dibuat oleh perusahaan asal Swedia.

Memiliki Jembatan terindah di dunia

Captured by Icepoint – Unsplash

Selain memiliki gedung ikonik Sydney Opera House, Sydney juga memiliki jembatan ikonik dan mendunia yaitu, The Sydney Harbour Bridge. Dilansir dari Guinnes World Records, The Sydney Harbour Bridge sebagai jembatan terlebar di dunia dan jembatan lengkung kerangka besi tertinggi di dunia dengan tinggi 134 meter di atas permukaan Pelabuhan. Di atas jembatan ini terdapat jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda dan trotoar! Pantas saja menjadi jembatan terlebar di dunia.

Selain itu jembatan ini juga menawarkan pemandangan indah laut sekitar jembatan! Sangat menarik sekali bukan?

Terkenal dengan “Sin City” atau Kota Dosa

Captured by Leigh – Unsplash

Bukan bermaksud lain, namun julukan kota ini mengarah pada sejarah Kota Sydney yang dulunya merupakan tempat narapidana dibuang. Hal ini terjadi pada tahun 1788, kapal Inggris datang ke Kota Sydney untuk membuang narapidana dan meninggalkan mereka di sana sampai akhir hayatnya sebagai hukuman. Namun uniknya, Kota ini malah bangkit dan menjadi salah satu kota megah di Australia. Namun walau begitu kota ini tetap menjadi kota yang aman loh dan jauh dari kesan “Narapidana”.

Klik untuk melihat promo liburan ke Australia dengan biaya terendah!

Mall tutup lebih cepat

Captured by Lauea Cros – Unsplash

Ada hal unik jika kamu berkunjung ke Sydney, di sana mall tutup lebih cepat dari pada umumnya. Dirangkum dari Louissescarlett.com, mall di sana sudah tutup di antara jam 5 sampai dengan jam 6 sore loh. Hal ini bukan karena mall di Australia tidak laku ya, melainkan karena biaya karyawan di sana mahal. Jadi untuk meminimalisir biaya adalah dengan cara mall tutup lebih cepat dan ini menjadi opsi terbaik!

Namun tenang saja toko-toko dipinggir jalan pada umumnya buka sampai jam 12 malam.

Memiliki pantai yang indah!

Captured by Sam Wermut – Unsplash

Sydney memiliki salah satu pantai yang indah dan terbaik di dunia loh! Pantai tersebut adalah Bondi Beach. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai, tebing dan air laut yang biru dan indah! Tentu akan sangat menarik untuk bersantai di sana.

Klik untuk melihat promo liburan ke Australia dengan biaya terendah!

Dan itulah fakta tentang Kota Sydney! Yuk liburan ke sana nanti bersama Peponi Travel! Akan sangat menarik sekali.


Tetap terhubung dengan informasi terbaru tentang destinasi liburan favorit kamu, melalui Instagram kami di @peponitravel!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Libura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s