United Kingdom, Britania Raya, Inggris itu berbeda! Apa sih bedanya?

Halo kembali di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel. Umumnya jika kita mendengar kata United Kingdom akan sepintas terbayang Negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Penyebutan United Kingdom yang mengarah ke Inggris sebetulnya tidak salah namun kurang tepat loh! Begitu juga penyebutan Britania Raya untuk Inggris juga kurang tepat. Memangnya kenapa sih? Penasaran? Yuk kita simak penjelasannya:

United Kingdom

Captured by Stanley Dai – Unsplash

Pertama, United Kingdom memiliki nama panjang United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Karena nama ini terlalu panjang maka disingkat sebagai United Kingdom. United Kingdom bukan hanya Inggris, sesuai namanya terdiri dari 4 negara berdaulat yaitu, Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Ini bermula pada tahun 1707, Kerajaan Inggris yang menguasai Wales dan Skotlandia bersepakat untuk mendirikan United Kingdom of Great Britain dan pada tahun 1801 pulau Irlandia ikut bergabung dalam United Kingdom. Namun pada tahun 1922, wilayah selatan Irlandia mendeklarasikan diri lepas dari United Kingdom dan membuat negara sendiri yang kita kenal sekarang sebagai Republik Irlandia.

Keempat negara ini mempunyai peraturan dan kebijakan yang ditentukan oleh Kerajaan Inggris. Contohnya adalah saat membuat Visa UK maka kamu akan bebas menyusuri negara yang termasuk dalam United Kingdom.

Bendera Union Jack
Captured by A Perry – Unsplash

United Kingdom memiliki benderanya sendiri loh! Bendera ini memiliki tiga warna yaitu putih, biru dan merah. Sering disebut sebagai bendera Union Jack dengan memiliki keunikan yaitu gabungan dari tiga negara, Inggris, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Setelah baca ini jangan sampai salah membedakan bendera United Kingdom dan Inggris ya!

Britania Raya

Source: Brilliant Maps

Selanjutnya ada Britania Raya! Sama seperti United Kingdom, Britania Raya sering disamakan dengan Inggris. Padahal ternyata Britania Raya bukan sebuah negara melainkan sebuah daratan. Jika United Kingdom mencakup 4 negara, Britania Raya mencakup 3 negara yang berada di Pulau Britania yaitu, Inggris, Skotlandia dan Wales.

Negara terbesar di daratan Britania Raya adalah Inggris dengan cakupan wilayah 57 persen lalu Skotlandia dengan 34 persen dan terkecil adalah Wales dengan cakupan wilayah 9 persen.

Sebagai tambahan informasi, jangan pernah bikin kesal orang Skotlandia dan Wales dengan menyebut mereka sebagai orang Inggris! Hehehe

Inggris

Captured by Hanson Lu – Unsplash

Yup, penjelasan tentang Inggris adalah tentu negara yang memiliki luas terbesar di United Kingdom dan Britania Raya. Ibu Kota Inggris adalah London dan orang-orangnya dinamakan British lengkap dengan logatnya British Accent. Negara dengan daya tarik sepak bola terbaik di dunia! Tentu Inggris mempunyai bendera yang berbeda dengan United Kingdom.

Bendera Inggris
Souce: Wikipedia

Nah, itulah penjelasan perbedaan dari United Kingdom, Britania Raya dan Inggris! Semoga dengan membaca ini kita tidak keliru lagi!



Ingin menjelajahi Negeri Ratu Elizabeth namun terkendala karena pandemi? Tenang saja! Kamu bisa menjelajahinya dari rumah! Ikuti layanan Online Experience dari Peponi Travel, Peponi OX: United Kingdom!

Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s