Intip yuk cerita dari mahkluk mitologi Jepang, Kitsune

Hai! Kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel! GuestofPeponi, setiap negara umumnya memiliki urban legend atau mahkluk mitologi yang sudah turun menurun diceritakan dan dipercaya. Ada yang bersifat baik dan juga ada yang bersifat buruk. Di Negeri Sakura ada salah satu mahkluk mitologi yang bernama Kitsune! Seperti apa sih bentuk dan ceritanya? Yuk kita simak

Cerita Kitsune

Source: Wikipedia

Kitsune merupakan mahkluk yang dipercaya sebagai siluman rubah. Kitsune digambarkan sebagai sebuah siluman yang cerdas,sakti dan berumur panjang. Konon, semakin tua Kitsune maka semakin sakti siluman rubah tersebut. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia dan teman manusia karena pada zaman Jepang kuno diceritakan bahwa rubah dan manusia hidup saling berdekatan dan itu menjadi awal legenda Kitsune.

Meski dalam legenda  Jepang Kitsune terlihat baik nyatanya terdapat beberapa cerita yang mengkisahkan mahkluk mitologi seperti Kitsune. Ada cerita dari Tiongkok dan juga Korea yang menggambarkan bahwa sosok Kitsune ini sebagai sosok yang jahat dan sudah memiliki umur mencapai ribuan tahun lamanya. Namun hal itu dibantah oleh ahli cerita Jepang, Nozaki Kiyoshi.

Menurut Nozaki, Kitsune sudah menjadi sahabat orang Jepang sejak abad ke 4 dan unsur-unsur seperti cerita dari Tiongkok dan Korea hanyalah sifat-sifat jelek Kitsune saja. Beliau juga menjelaskan asal usul nama Kitsune yaitu dari suara salakan rubah yang orang Jepang mendengarnya seperti “Kitsu” dan “ne” yang menunjukan rasa kasih sayang.

Kitsune dibagi menjadi 2 kelompok

Source: WallpaperAcces

Yup, dipercaya bahwa terdapat 2 jenis kelompok kitsune di Jepang! Yaitu:

Kelompok Zenko merupakan kelompok yang terdiri dari rubah yang baik hati dan bersifat kedewaan.

Kelompok Yako merupakan kelompok rubah padang rumput yang suka mempermainkan manusia dan memiliki sifat yang jahat.

Namun tradisi berbagai daerah Jepang dipercaya dapat mengelompokkan kitsune menjadi lebih dari dua. Jika dilihat dari kelompok tersebut mungkin maksud dari Nozaki adalah Kitsune yang berada di kelompok Zenko.

Kemampuan dan keistimewaan Kitsune

Source: Fire Emblem wiki

Sebagai mahkluk mitologi, Kitsune dipercaya memiliki kemampuan yang spesial dan sakti. Secara fisik Kitsune dipercaya dapat memiliki 9 ekor. Semakin banyak jumlah ekornya rubah tersebut semakin tua dan semakin kuat kekuatan yang mereka miliki.

Dalam cerita rakyat Jepang, Kitsune digambarkan memiliki ekor satu, lima dan bahkan Sembilan. Dipercaya jika kitsune mendapatkan ekornya yang ke 9, bulu Kitsune akan berubah menjadi warna putih dan emas. Nah jenis ini sering disebut sebagai Yubi no Kitsune dan dipercaya memiliki kemampuan untuk mendengar dan melihat segala peristiwa yang terjadi di dunia. Bisa dibilang kemampuanya dapat menembus batas ruang dan waktu.

Kitsune dapat berubah menjadi manusia. Dengan kesaktian yang ia miliki, ia dapat berubah menjadi manusia. Banyak cerita bahwa Kitsune paling sering berubah menjadi wanita muda yang sangat cantik dan bahkan menikah dan memiliki anak. Namun perubahan Kitsune tidak sepenuhnya sempurna. Terkadang Kitsune suka lalai dalam menyembunyikan ekornya. Masyarakat Jepang kuno percaya kitsune yang menjadi manusia suka mencari-cari ekornya. Tentu ini akan menjadi sangat aneh bagi manusia normal yang melihatnya.

Kemampuan lainya adalah kitsune dipercaya bahwa ekor dan mulut Kitsune dapat mengeluarkan api dan petir! Lalu dapat terbang, menciptakan ilusi dan merasuki manusia. Masyarakat Jepang percaya bahwa orang yang kerasukan arwah Kitsune akan bergerak menyerupai rubah. Fenomena ini adalah Kitsunetsuki.

Kitsune dalam kepercayan kuil Inari

Source: Wikipedia

Ada juga kisah lain di mana latar belakang kuil ini dibangun berdasarkan wujud syukur atas balas budi untuk seekor rubah yang telah membantu seorang anak dan penduduk setempat. Penjaga kuil meyakini bahwa rubah merupakan hewan penjaga kuil dan juga sebagai pengantar pesan dari Dewa Inari atau Dewa Padi tersebut. Hingga sekarang Fushimi Inari terkenal dengan patung-patung rubah yang banyak ditemukan sebagai ikon tempat tersebut.

Itulah pembahasan tentang Kitsune, mahkluk mitologi dari Jepang! Tentu masyarakat Jepang memiliki kepercayaan yang unik bukan? tentu akan sangat menyenangkan jika kita dapat berlibur ke Jepang dengan biaya terendah! Peponi Travel selalu siap menemani kamu berlibur ke Jepang.

Tapi dengan kondisi seperti ini baiknya kita membawa suasana Kyoto ke rumah dengan mengikuti PeponiOX: Japan Kyoto Untuk mengobati rindu kamu saat berlibur

Tertarik? Klik di sini untuk info lebih lanjut!



Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s