Dalam Bahasa Korea, 7 nama hari dalam seminggu ini memiliki makna yang unik!

Hai semua! Kembali lagi bersama StoryofPeponi, majalah online dari Peponi Travel. Pada kali ini StoryofPeponi ingin membahas tentang nama-nama hari yang memiliki makna unik dalam Bahasa Korea. Nama hari sendiri yang sering kita dengar dalam Bahasa Inggris diadaptasi dari tradisi Romawi yang menamai nama hari dengan nama dewa yang dibuat sebagai bentuk penghormatan.

Dalam Bahasa korea, Yoil berarti hari. Maka dengan itu setiap nama hari dalam Bahasa Korea akan ditambahkan kata Yoil. Penasaran dengan makna hari dalam Bahasa Korea? Yuk kita simak:

Senin = 월요일 wol-yoil

Wol-Yoil yang diambil dari kata Wol, yang berarti bulan dan Yoil yang berarti hari. Jika digabung akan menjadi Wol-Yoil yang berarti Hari Bulan. Makna Hari Bulan ini juga sama seperti dengan arti dalam Bahasa Inggris, Monday = Hari Bulan.

Selasa = 화요일 hwayoil

Hari selasa dalam Bahasa Korea yaitu, hwayoil. Kata hwa dalam Bahasa Korea memiliki arti Api dan yoil, hari. Maka dapat diartikan bahwa hari selasa dalam Bahasa Korea memiliki makna sebagai Hari Api! Unik sekali ya?

Rabu = 수요일suyoil

Selanjutnya adalah hari rabu. Hari rabu atau dalam Bahasa Korea Suyoil memiliki makna sebagai Hari Air. Su yang dalam Bahasa Korea memiliki arti air dan yoil berarti hari.

Kamis = 목요일 mog-yoil

Hari kamis atau mog-yoil ini diambil dari kata mog yang berasal dari 목재 (Mogjae) yang berarti pohon atau kayu. Dapat diartikan bahwa mog-yoil atau kamis sebagai Hari Kayu.

Jumat = 금요일 geum-yoil

Hari Jumat! Atau terkadang sering disebut Thanks God Its Friday menunjukan makna weekend akan tiba! Dalam Bahasa Korea geum(emas) – yoil( hari) yang memiliki makna sebagai Hari Emas! Mungkin menunjukan bahwa jumat memang selalu menjadi hari yang ditunggu untuk melepas hari-hari yang sibuk.

Sabtu = 토요일 toyoil

Hari sabtu dalam Bahasa korea berarti toyoil yang diambil dari kata to (bumi) dan yoil (hari) dan dapat dikatakan bahwa hari sabtu dalam Bahasa Korea memiliki makna Hari Bumi atau Hari Tanah.

Minggu = 일요일 il-yoil

Terakhir, ada hari minggu. Dalam Bahasa Korea hari minggu yang berarti il-yoil ini memiliki arti sebagai Hari Matahari. Il dalam Bahasa Korea berarti Matahari. makna minggu sebagai hari matahari juga sama dengan makna dalam Bahasa Inggris yaitu Sunday = Hari Matahari.

Itulah pembahasan tentang hari dalam Bahasa Korea! Tentu seperti yang kita lihat bahwa makna hari selasa sampai jumat berasal dari 5 elemen tradisi Asia Timur. Tentu sangat menarik jika kita belajar membaca dan menulis Bahasa Korea atau Hangul.

Kamu tertarik dan ingin mencoba belajar? Bagaimana kalau mencoba layanan baru dari Peponi Travel yaitu PeponiOX: Language, Membaca dan Menulis Hangul. Kamu dapat mempelajarinya dari rumah bersama #PeponiOX layanan online experience dari Peponi Travel. Hanya dari Rp 39,000/orang/kelas saja, kamu akan dibimbing oleh guru berpengalaman yang siap membuatmu bisa berbahasa Korea.

Tentu hal ini sangat berguna untuk kamu yang berencana liburan ke sana ataupun jika ingin menonton Drama Korea tanpa subtitle Indonesia atau Inggris.

Mau tau info detailnya? Klik di sini!   



Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s