5 Fakta dari Big Ben yang menarik!

Big Ben merupakan sebuah ikon menarik yang dimiliki oleh Negeri Ratu Elizabeth! Big Ben merupakan sebuah menara yang sudah berdiri megah sejak 31 Mei 1859 loh! Big Ben juga menjadi bagian dari situs warisan dunia oleh UNESCO! Maka tidak heran jika banyak pelancong dari seluruh dunia menyempatkan diri untuk datang ke London untuk menikmati kemegahan dari Big Ben.

Seperti biasa dibalik kemegahan Big Ben terdapat fakta unik yang sangat menarik! Tentu bagi kamu yang ingin ke sana wajib tahu fakta ini!

Nama dari Big Ben

Captured by Marcin Nowak – Unsplash

Kira-kira kenapa yang nama menari ini Big Ben? Apakah nama Big Ben diambil dari seorang arsiteknya atau mungkin terinspirasi dari raksasa Urban Legend yang bernama Big Ben? Penasaran? Nama dari Big Ben jelas bukan diambil dari nama arsiteknya! Nama arsitek yang merancang Big Ben adalah Augustus Pungin! Apa lagi diambil dari nama raksasa itu tidak mungkin! Nama Big Ben ternyata diambil dari nama lonceng terbesar di menara tersebut. di sana terdapat 5 bel dan paling besar yang bernama Big Ben yang memiliki tinggi 2,1 meter , diameter 2,7 meter dan berat 14 ton.

Jam paling akurat di dunia

Captured by Jure Tufekcic – Unsplash

Berdirinya bangunan Big Ben ditujukan untuk menjadi penujuk waktu! Nah penujuk waktu yang ditunjukan oleh Big Ben sudah diakui sangat akurat di dunia. Lantas mengapa jam ini dapat akurat? Dilansir dari IDN Times keakuratan waktu jam di Big Ben dipengaruhi oleh pendulum jam yang ditopang oleh koin-koin kuno yang menyeimbangkan pusat massa pendulum agar ayunan pendulum stabil sehingga ketepatan waktu menjadi konsisten. Nah, Big Ben juga merupakan jam empat sisi terbesar di dunia! Setiap sisi dari jam tersebut memililki diameter sepanjang 7 meter dan panjang jarum menitnya mencapai 4,2 meter!

Tidak sembarangan orang boleh ikut tur ke dalam Big Ben

Captured by Jurica Koletic – Unsplash

Nah, bagi kamu yang berniat masuk ke dalam Big Ben, sepertinya niat kamu tidak akan terwujud. Karena tidak sembarangan orang boleh masuk ke dalam Big Ben. Entah karena alasan apa, hanya orang yang berpaspor Inggris saja yang boleh masuk ke dalam Big Ben. Namun orang yang memiliki paspor Inggris saja harus disetujui oleh Anggota Parlemen House of Lords. Jadi kita yang tidak memiliki paspor Inggris hanya dapat menikmati Big Ben dari kejauhan.

Liburan kembali yuk ke United Kingdom! Klik di sini untuk infonya!

Setiap tahun, jam Big Ben disetel ulang agar akurat

Captured by Lucas Davies – Unsplash

Yup, ketepatan waktu menjadi daya tarik luar biasa yang dimiliki oleh Big Ben. Agar ketepatan waktu di Big Ben terus akurat maka setiap tahunnya jam Big Ben akan di atur ulang untuk menjaga keakuratan. Nah, uniknya agar jam ini tetap akurat hanya perlu menggunakan koin satu sen Inggris Kuno.

Jam di Big Ben pernah telat 4 menit loh!

Captured by Cayetano Gros – Unsplash

Nah, walau menjadi ikon dari ketepatan waktu, jam Big Ben pernah terlambat 4 menit loh! Wah kok bisa? Apakah karena belum di atur ulang? Nah, ternyata penyebab terlambatnya adalah jarum jam yang menujukan menit dipatahkan oleh sekawanan burung pada tahun 1949 sehingga melambat 4,5 menit.  Ada – ada saja ya!

Nah, itulah pembahasan tentang fakta unuk dari Big Ben! Bagaimana tertarikan untuk langsung melihat kemegehan Big Ben dan berfoto dengan latar Big Ben tersebut? Yuk! ikuti Peponi Travel Trip: England Discovery Autumn Open Trip! Langsung saja kepoin paketnya di sini  atau dapat langsung menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151. Dan jangan lupa untuk follow sosial media kami di Instagram @peponitravel, untuk mengetahui update promo liburan ke United Kingdom dan informasi seputar destinasi impian kamu!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s