5 Fakta Unik Pulau Komodo

Salah satu destinasi super prioritas yang masuk dalam agenda pemerintah adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan destinasi yang terkenal sebagai surga yang tersembunyi di Timur Indonesia, lebih tepatnya berada di Nusa Tenggara Timur. Tentu keindahan alam di Labuan Bajo menjadikannya destinasi Super Prioritas dalam kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.

Di dalam perjalanan Labuan Bajo terdapat destinasi yang menjadi unggulan yaitu, Pulau Komodo di Komodo National Park! Nah, di kenal sebagai Rumah bagi Komodo, Pulau Komodo memiliki fakta unik yang harus kamu tahu sebelum nanti berlibur bersama Peponi Travel! Berikut ulasannya:

Rumah dari Komodo

Captured by Timur Kozmenko – Unsplash

Sesuai dengan namanya Pulau Komodo, terdapat banyak Komodo di sana. Rumah bagi Komodo ini ditinggali oleh lebih dari 2.500 ekor Komodo. Pulau Komodo ini ditemukan pada tahun 1910 oleh Letnan Steyn Van Hensbroek yang melakukan penelusuran bahwa ada hewan mirip naga di pulau ini. Menurut hasil riset Universitas Nasional Australia (ANU), Komodo hewan purba ini berimigrasi dari Australia dan bertahan di NTT hingga saat ini.

Pulau Komodo telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia dan juga termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Pasti akan sangat mengasyikkan saat di sana!

Tujuan wisata dan riset ilmiah

Captured by David Clode – Unsplash

Yup, Pulau Komodo menjadi tempat untuk dua tujuan loh! Tujuan itu adalah wisata dan juga riset ilmiah. Untuk tujuan wisata tentu dapat menemui Komodo hewan yang hanya di Indonesia secara langsung! Selain itu memiliki pulau yang cantik dengan bukit, garis pantai yang indah dan hamparan rumput yang sungguh indah.

Untuk riset ilmiah, peneliti dari dunia sangat tertarik terhadap perkembangan dan evolusi dari Komodo hewan purba.

Destinasi indah pantai pink

Captured by MO – Unsplash

Pink Beach, merupakan destinasi pantai yang populer dengan keindahan pasir halus berwarna pink. Warna pink ini berasal dari degradasi antara putihnya pasir pantai dengan warna pink dari terumbu karang yang bernama homotrema rubrum. Hal ini terjadi karena terumbu karang homotrema rubrum ketika mati akan menyingkir ke pinggiran pantai dan menyatu dengan putih pasir. Luar biasa sekali ya! Tentu saat di sana yang dapat kamu nikmati adalah keindahan dari pasir pink dengan indahnya biru laut.

Tidak hanya pasirnya saja yang menjadi pusat keindahan Pink Beach, pantai tersebut juga menjadi spot snorkeling karena memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat indah! Yuk ke sana bersama Peponi Travel! Pantai Pink menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi.

Kepoin paketnya dan reservasi mudah dengan menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151

Perairan laut dingin dan panas

Captured by Ruben Sukatendel – Unsplash

Hal yang unik dari Pulau Komodo adalah memiliki perairan yang dingin dan panas loh! Kenapa bisa? Hal itu disebabkan karena perairan di Komodo merupakan tempat bertemunya air mengalir ke utara dan selatan. Perairan yang dingin berasal dari perairan selatan, Samudera Indonesia dan perairan hangat dari perairan utara, Laut Banda dan Laut Flores.

Ragam satwa

Captured by Mohd Lazim Ath Thany Bin Mohd Lazim – Unsplash

Nah, berkunjung ke Pulau Komodo kamu tidak hanya menemukan Komodo saja. Di sana kamu dapat menemukan mamalia seperti, kerbau liar, anjing hutan, rusa, babi hutan, kuda dan musang. Lalu beberapa reptil yang harus diperhatikan seperti ular kobra , ular pohon hijau.

Saat menjelajahai Pulau Komodo, kamu akan ditemanai oleh ranger / tour guide lokal yang akan memandu dan memastikan seluruh pengunjung aman selama di sana.

Kepoin paketnya dan reservasi mudah dengan menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151

Dan itu lah pembahasan terkait fakta dari Pulau Komodo! Bagaimana? kamu tertarik ke sana? Yuk liburan bersama Peponi Travel ke sana!? Langsung saja kepoin paketnya dan reservasi mudah dengan menghubungi customer service kami melalui whatsapp di 0812-8931-5151. Dan jangan lupa untuk follow sosial media kami di Instagram @peponitravel! untuk mengetahui update dan informasi seputar destinasi impian kamu! Sampai bertemu dipelayaran nanti!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s