Mitos Aborigin: Bunyip

Halo kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel! GuestofPeponi, kita tentu tahu bahwa setiap negara memiliki beberapa keunikan dan bahkan memiliki beberapa cerita legenda atau mitos yang belum pernah terpecahkan sampai sekarang. Seperti yang ingin StoryofPeponi bahas pada kali ini berkaitan dengan salah satu mitos dari Australia atau lebih tepatnya dari suku aborigin yaitu Bunyip.

Source: Wikipediam // Illustration of a Bunyip by J. Macfarlane

Mungkin sedikit asing dengan nama mahkluk mitologi satu ini, menurut Wikipedia, Bunyip adalah makhluk amphibi dari mitologi aborigin Australia tenggara, yang hidup atau bersembunyi di rawa-rawa, dasar sungai, dan lubang air. Nama Bunyip ini berasal dari bahasa Wemba – Wemba yaitu bahasa Aborigin yang berarti “Iblis” atau “roh jahat”. Nama ini juga berdasarkan karakter Bunyip yang jahat dan juga sangat suka memangsa manusia. Sampai sekarang perwujudan Bunyip masih belum pasti.

Bunyip dikatakan memiliki banyak sekali versi dalam kisah Aborigin. Ada yang mengatakan memiliki kepala bulat, leher memanjang dan tubuh menyerupai kuda nil. Selain itu ada yang menyebutkan bahwa Bunyip ini berbentuk setengah manusia dan setengah ikan. Namun yang bentuk yang paling sering diceritakan adalah memiliki kepala bulat, leher memanjang dan tubuh menyerupai kuda nil

Source: Bangkapos//Lifehacker Australia

Bunyip sendiri sudah menjadi bagian dari cerita legenda Australia, Bunyip selalu memangsa siapapun yang berada disekitar sungai. Kebanyakan korban Bunyip adalah anak – anak dan juga wanita. Jadi sangat hal yang dilarang jika wanita dan anak-anak sendirian disekitar sungai karena Bunyip akan memangsa mereka tanpa ampun.

Terdapat cerita bahwa ada dua orang pria pendaki yang sedang membersihkan diri di sebuah danau yang bersih dan tenang. Namun ternyata dibalik ketenangan danau itu terdapat monster yang sangat menakutkan. Bunyip berenang dengan pelan-pelan menghampiri salah satu pria yang sedang berada di danau. Salah satu pria yang ada di daratan memperingatkan ada sesuatu yang datang ke arahnya dan berbentuk aneh. Namun pria yang berada di danau tidak sempat naik ke atas danau dan menjadi korban keganasan Bunyip. Pria yang berada di darat hanya dapat terdiam menyaksikan betapa menakutkannya Bunyip. Pria tersebut beruntung dapat selamat dan juga melihat mahkluk mitologi Bunyip, meski kehilangan temannya.

Tentu keganasan dari Bunyip tersebut seakan menjadi terror bagi masyarakat Australia, meski Bunyip sendiri belum ditemukan. Namun ternyata ada yang berpendapat bahwa Bunyip itu adalah cara budaya untuk mengajari manusia menghormati sungai loh! Dirangkum dari Bangkapos.com, Shane Karpany seorang pakar menyebutkan bahwa Bunyip menjadi sebuah cara budaya untuk mengajarkan betapa kita harus menghormati sungai yang menjadi bagian dari alam. Dia berpendapat bahwa Bunyip membuat kita tidak serakah dan hanya mengambil apa yang dibutuhkan dari sungai sebagai bagian dari alam.

Dia juga mengatakan bahwa Bunyip, menjadi Mitos yang diceritakan kepada anak-anak agar anak tersebut tidak sembarangan bermain di sungai sendirian karena betapa bahayanya sungai bagi anak – anak.

Dan itulah pembahasan dari mahkluk mitologi Bunyip. Semoga hal ini dapat membantu kamu ya!


Tetap terhubung dengan informasi terbaru tentang destinasi liburan favorit kamu, melalui Instagram kami di  @peponitravel!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian,William #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s