Intip yuk! Upaya Pemerintah Menaikan promosi wisata Indonesia lewat Storynomics

Captured by Pieter Janaldo – Unsplash

Halo kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel. Pandemi yang sudah melanda Indonesia hampir satu tahun lamanya tentu sangat berdampak kepada sektor pariwisata. Apa lagi di Indonesia terdapat beberapa daerah yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai pendapatan.

Melihat hal itu tentu Pemerintah tidak tinggal diam. Banyak upaya yang dilakukan Pemerintah untuk menaikan kembali sektor wisata di Indonesia. Salah satunya dengan mengembangkan Storynomics tourism.

Captured by Pieter Janaldo – Unsplash

Apa itu Storynomics tourism? Dilansir dari Kompas.com, Storynomics tourism merupakan sebuah pendekatan pariwisata yang dikemas dalam cerita atau konten tentang budaya atau sejarah dari destinasi wisata.

Captured by Laurentiu Morariu – Unsplash

Nantinya Storynomics tourism akan menceritakan asal usul dari sebuah destinasi dari sudut pandang cerita rakyat atau sejarah, dari sudut pandang geologis. Selain mengenalkan cerita menarik dari suatu destinasi, Storynomic tourism juga akan berfokus pada Keindahan Budaya yang dimiliki Indonesia! Seperti misalnya mengenalkan tentang Budaya dari Suku Batak dan lain-lain. Keren sekali bukan?

Diharapkan dengan metode Storynomics tourism akan memunculkan awareness dan experience wisatawan terhadap destinasi yang menarik di Indonesia.

Dalam pengembangan metode ini, Pemerintah akan melakukan pelatihan pemandu wisata lokal dan bekerja sama dengan influencer dan meletakan barcode yang akan berisi format lengkap terkait adat,tradisi dan kuliner di destinasi wisata.

Rencananya Storynomics tourism akan dikembangkan di 244 desa wisata yang telah menjadi prioritas Kemenparekraf pada 2020-2024. Dan untuk sekarang Storynomics tourism sduah mulai dikembangkan di 5 destinasi super prioritas yaitu:

Danau Toba

Borobudur

Mandalika

Labuan Bajo

Likupang

Selain itu juga Kemeparekraf akan terus mendorong berbagai tempat wisata untuk terus menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) agar dapat memajukan sektor wisata di tengah pandemi Covid-19 ini.

Nah, mari kita doakan usaha Pemerintah ini dapat berjalan dengan baik dan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia segera mereda! Mari terus jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan jangan selalu lupa memakai masker dan menjaga jarak!


Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui informasi menarik lainnya!  Yuk kita liburan kembali!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s