5 Danau Terindah di New Zealand

Halo GuestofPeponi, kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel! GuestofPeponi, New Zealand tentu terkenal dengan keindahan hamparan alamnya. Yang tentu menarik adalah New Zealand memiliki danau – danau yang sungguh indah! Penasaran? Yuk kita simak:

Lake Tekapo

Captured by Nareeta Martin – Unsplash

Lake Tekapo merupakan danau terbesar kedua dari tiga danau alpen di Mackenzie Region. Danau ini memiliki luas 83 kilometer persegi (32 sq mi) dan berada di ketinggian 710 meter (2.330 kaki) di atas permukaan laut. Di sini terdapat situs sejarah yaitu Church of the Good Shepherd yaitu gereja yang pertama kali dibangun pada tahun 1935. Bangunan tua ini juga menjadi gereja pertama kali dibangun di Mackenzie Basin Area. Danau ini juga indah loh dengan air yang berwarna biru turquoise nan jernih. Nah Lake Tekapo juga  terletak di Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve (4,300sq Km), yang telah diakui sebagai salah satu area tergelap di dunia dengan langit menakjubkan dan menjadi tempat Favorit untuk Stargazing!

Nah, jika kamu berlibur ke New Zealand bersama kami kamu akan merasakan bermalam di area Lake Tekapo dan juga melakukan kegiatan Stargazing disini. Pada season ke-4 dari Bon Voyage, BTS mengunjungi New Zealand dan kerennya lagi kamu akan merasakan menginap di guest house yang juga menjadi tempat bermalam member BTS dpinggir danau.

Lake Pukaki

Captured by Casey Horner – Unsplash

Lake Pukaki merupakan danau terbesar dari tiga danau alpen dengan luas 178,7 km, dan ketinggian permukaan danau biasanya berkisar dari 518,2 hingga 532 meter di atas permukaan laut dan memiliki air yang berwarna biru turqouise dan jernih loh! Warna biru jernih tersebut terbuat oleh tepung gletser yaitu partikel batuan yang sangat halus dari gletser. Nah, Lake Pukaki juga menjadi lokasi syuting dari The Hobbit : The Desolation of Smaug! Yup, danau raksasa ini menjadi setting Lake Town dalam film Hobbit tersebut. Selain itu Lake Pukaki memiliki spot yang bernama Peter’s Lookout. Nama tempat ini diambil dari nama sutradara Lord of The Rings dan Hobbit.

Lake Wanaka

Captured by Casey Horner – Unsplash

Merupakan danau glacier yang memiliki panjang 80 Kilometer (50 mil), menjadi danau terpanjang ketiga di New Zealand dan danau ini juga sangat dalam, dasarnya berada di bawah permukaan laut, dengan kedalaman maksimum 380 meter (1.250 kaki). Di sana terdapat Pohon “Selebgram” yang merupakan sebuah pohon dedalu atau dalam bahasa inggris bisa disebut willow tree. Pohon ini tumbuh di dalam perairan Lake Wanaka. Pohon ini terkenal juga dengan sebutan Lonely Willow Tree atau Wanaka Tree yang sudah berdiri selama 80 tahun dan tetap dijaga keindahannya. Pohon ini merupakan simbol dari pariwisata New Zealand. Pohon ini sering muncul di sosial media seperti Instagram dan menjadi sebuah destinasi yang wajib dikunjungi bagi pencinta fotografi. Pada 2017, pohon ini pernah viral di Instagram dan menjadi bintang media sosial dengan menggunakan tagar #thatwanakatree dan sudah digunakan lebih dari 13.000 kali! Dengan hal tersebut pohon ini menarik perhatian fotografer diseluruh dunia untuk datang ke Lake Wanaka dan mengambil foto dari pohon yang fenomenal tersebut

Lake Wakatipu

Captured by Nicholas Rean – Unsplash

Merupakan sebuah danau yang berada di pedalaman selatan Pulau Selatan, New Zealand. Danau ini merupakan permata Kota Queenstown. Keindahan yang ditawarkan danau ini akan membuat siapa saja tersanjung dengan jernihnya air danau serta keindahan pemandangan sekitar yang luar biasa. Danau ini memiliki sebuah cerita menarik loh! Pada zaman dahulu, terdapat sepasang kekasih yaitu Manata dan Matakauri yang hidup di sebuah desa. Sepasang kekasih tersebut dilarang untuk menikah lantaran Manata merupakan anak dari kepala suku dan Matakauri yang merupakan pemuda biasa.

Suatu hari, raksasa bernama Matau datang ke desa untuk mencuri dan juga menculik Manata. Ia membawa Manata ke gua tempat tinggalnya di balik gunung dan mengikat Manata dengan tali yang diberi mantra. Ayah Manata sangat sedih dan frustasi ketika mengetahui bahwa anaknya telah diculik. Sang ayah kemudian meminta bantuan kepada para pemuda di desa untuk pergi menyelamatkan Manata dengan janji akan menikahkan anaknya dengan siapun pemuda desa yang mampu membawa anaknya kembali dengan selamat. Namun tidak ada satu pun pemuda yang berani terkecuali Matakauri. Tentu ini merupakan tanda cinta tulus Matakauri terhadap Manata. Ia pun berangkat mengikuti arah angin untuk menuntunnya ke gua Matau yang berada di balik gunung. Saat Matakauri mencoba menyelamatkan Manata, ia menemui titik kesulitan. Tali yang terikat pada Manata sulit untuk dilepaskan akibat mantra yang diberikan oleh Matau. Manata menyuruh Matakauri untuk pergi karena ia takut Matau bangun dan membunuh Matakauri.

Namun Matakauri menolak dan Manata meneteskan air mata. Rupanya air mata Manata berhasil menghancurkan mantra pada tali tersebut dan akhirnya mereka dapat melarikan diri dengan bebas dan selamat kembali ke desa. Manata dan Matakauri akhirnya menikah. Namun Matakauri takut jika kelak Matau kembali ke desa dan akan membuat kekacauan yang lebih parah. Matakauri memutuskan untuk kembali ke gua Matau di balik gunung dan menemukan Matau yang sedang tertidur.

Matakauri menyiapkan api untuk membakar Matau. Dengan bantuan angin, api tersebut membesar dan membakar tubuh Matau. Setelah Matakuari pergi, tubuh Matau yang terbakar membentuk palung dan terisi oleh air hujan yang sekarang kita kenal sebagai Danau Wakatipu.

Lake Taupo

Captured by Callum Parker – Unsplash

Lake Taupo merupakan sebuah danau terbesar di New Zealand. Danau ini memiliki luas permukaan 616 km persegi. Di danau ini terdapat ukiran Maori yang dipahat dibebatuan sepanjang tebing. Ukiran tersebut dibuat pada tahun 1970 dan memiliki tinggi 10 meter! Nah, karena danau ini berada di area vulkanik, lukisan Maoiri tersebut dipercaya bahwa dapat melindungi danau dari area vulkanik.

Dan itulah 5 danau yang indah di New Zealand! Danau mana yang ingin kamu datangi?


Tertarik untuk menikmati suasana New Zealand langsung dari rumah kamu? Ikuti yuk! PeponiOX layanan Online Experiences dari Peponi Travel! Cukup lewat aplikasi Zoom saja kamu dapat menjelajahi New Zealand langsung dari rumah kamu! langsung saja klik di sini untuk info lebih lanjut atau langsung saja hubungi layanan Customer Service kami di Whatsapp 0812-8931-5151 dan Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui infromasi menarik lainnya! Sampai berjumpa online.


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s