Kota Ephesus, Bukti Jejak Yunani di Tanah Turkey

Halo kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel. Pada kesempatan kali ini StoryofPeponi akan membahas tentang salah satu destinasi di Turkey. Destinasi bisa dibilang sebagai destinasi yang musti dikunjungi saat berlibur ke Turkey, yaitu, Kota Ephesus. Apa saja yang dapat kamu temukan di sana? Dan kenapa kota ini menjadi sangat wajib untuk dikunjungi? Yuk! Kita simak:

Captured by Jennifer Martin – Unsplash

Kota Ephesus merupakan sebuah kota yang terletak dibarat Antatolia yang sekarang menjadi kota Selcuk, Provinsi Izmir, Turkey. Kota Ephesus ini bisa dibilang sebagai Kota Yunani Kuno dan menjadi jejak Yunani di Tanah Turkey. Kota Epehsus merupakan salah satu dari 12 kota liga Ionian dalam sejarah pemerintahan Yunani Kuno, namun kota ini jatuh ke tangan Kekaisaran Romawi dan Kota Ephesus ini mengalami kejayaannya pada masa Kekaisaran Romawi! Bagaimana tidak pada zaman itu Kota Ephesus sudah terkenal dengan Artemesium, Perpustakaan Celsus, perdagangan yang baik dan yang paling keren adalah sudah memiliki sekolah kedokterannya!

Selama dalam periode Romawi, Kota Ephesus dikatakan memiliki populasi sekitar 250,000 di abad pertama SM! Tentu kota ini menjadi kota yang maju dengan nilai budaya yang tinggi! Namun kota ini pun harus hancur pada 401 masehi akibat dari gempa bumi. Seiring berjalannya waktu kota ini tentu memiliki peninggalan dari bangunan sejarah yang luar biasa! Bahkan seluruh peneliti dunia belum dapat menggali seluruh hasil kebudayaan dari peradaban kota tersebut. Dapat diperkirakan di dalam reruntuhan Kota Ephesus terdapat ribuan benda-benda peninggalan kota Ephesus saat masih berjaya yang tertimbun dan perlu waktu untuk menggali.

Tentu memiliki nilai sejarah yang luar biasa menjadikan kenapa kota ini wajib dikunjungi saat berada di Turkey! Namun apa sih yang dapat kamu temukan di kota yang memiliki julukan sebagai  “The Pearl of Aegean” ? Ini dia jawabannya:

Kuil Artemis

Source: Turkish Archeological

Ini merupakan bangunan kuil yang terkenal di Kota Ephesus. Kuil Artemis dibangun pada 550 SM dan dikatakan kuil ini hancur oleh ST. John Chrysostom dan pasukannya. Kuil ini sebenarnya didirikan untuk Artemis seorang dewi dalam mitologi Yunani. Pada tahun 1870, dilakukan penggalian untuk menemukan keberadaan kuil tersebut oleh Museum Inggris dan mereka berhasil menemukan pilar-pilar penyangga kuil. Meski begitu mereka belum menemukan bangunan utama. Dikatakan bahwa bangunan utama masih tertinggal dan terkubur. Nah, meski sudah hancur Kuil Artemis termasuk dalam tujuh keajaiban dunia kuno.

Teater Odeon

Source: Tripadvisor

Selanjutnya kamu dapat menemukan teater Odeon. Apa fungsi teater Odeon pada masa itu? Teater Odeon dapat digunakan untuk perjamuan kecil Kekaisaran juga tempat dilangsungkannya pertunjukan. Teater Odeon ini dibangun pada Pemerintahan Vedius Antonius pada tahun 150 Masehi dan dikatakan juga daya tampung teater Odeon adalah sekitar 1500 orang dan memiliki jumlah tangga sebanyak 22 buah. Tentu ini akan sangat menarik untuk dikunjungi

Kuil Hadrian

Source: Ephesus Turkey

Selanjutnya kamu dapat menemukan Kuil Hadrian yang dibangun sekitar abad ke-2. Kuil ini dikatakan mengalami pemugaran pada abada ke-4 dari sisa-sisa runtuhan yang masih dapat diselamatkan. Di kuil ini kamu dapat menemukan beberapa relief wajah! Salah satunya kamu dapat menemukan relief wajah dari Theodosius I yang merupakan seorang Kaisar Romawi lengkap dengan relief keluarganya.

Kuil Domitian

Source: Ephesus.us

Kuil Domitian bisa dikatakan sebagai kuil terbesar di Kota Ephesus. Kuil ini dibangun dengan menggunakan pilar-pilar yang tinggi berukuran sekitar 13 meter! Nah ketika kamu mengunjungi kuil ini kamu dapat menemukan ruangan teater yang biasa digunakan sebagai pertunjukan. Selain itu dikatakan juga ruang teater ini memiliki fungsi sebagai tempat belajar bagi rakyatnya dan sering dikaitkan bahwa bangunan kuil merupakan sekolah pada zaman itu.

Nah, itulah penjelasan tentang Kota Ephesus yang merupakan bukti jejak Yunani di tanah Turkey. Tentu kota ini sangat wajib sekali untuk kamu kunjungi jika kamu berada di Turkey! Apa lagi kamu yang sangat suka sekali dengan situs sejarah di belahan dunia ini. Jadi tunggu apa lagi? Ikuti yuk Turkey special open trip bersama Peponi Travel! Tentu Peponi Travel sangat menjaga para GuestofPeponi saat akan liburan ke Turkey bersama! Bagaimana? Sudah siap kembali untuk berlibur besama? Klik di sini untuk mempelajari paket,Safe Tourism dari Peponi Travel dan serta cara reservasi mudahnya! Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi Customer Service kami di Whatsapp 0812-8931-5151 dan Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui informasi menarik lainnya!  Yuk kita liburan kembali!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi – Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s