Kenali yuk Sistem Pemerintahan United Kingdom

Halo kembali lagi di StoryofPeponi majalah online dari Peponi Travel. Pada kesempatan kali ini StoryofPeponi ingin membahas bagaimana sistem Pemerintahan dari United Kingdom. Penasaran? Yuk simak penjelasannya:

Source: PKN Asyik

Gambar di atas adalah skema dari Pemerintahan yang berjalan di United Kingdom, yuk kita kupas tuntas!

United Kingdom memiliki nama panjang United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Karena nama ini terlalu panjang maka disingkat sebagai United Kingdom. United Kingdom bukan hanya Inggris, sesuai namanya terdiri dari 4 negara berdaulat yaitu, Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Ini bermula pada tahun 1707, Kerajaan Inggris yang menguasai Wales dan Skotlandia bersepakat untuk mendirikan United Kingdom of Great Britain dan pada tahun 1801 pulau Irlandia ikut bergabung dalam United Kingdom. Namun pada tahun 1922, wilayah selatan Irlandia mendeklarasikan diri lepas dari United Kingdom dan membuat negara sendiri yang kita kenal sekarang sebagai Republik Irlandia. United Kingdom memiliki tiga ideologi, yaitu:

Ideologi Konservatisme merupakan ideologi yang mendukung atau memegang erat nilai ā€“ nilai tradisional

Liberalisme merupakan ideologi yang memiliki pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik utama.

Liberalisme Ekonomi bentuk sistem ekonomi yang memberikan kebebasan sebesar-besarnya kepada setiap individu dalam kegiatan perekonomian untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

British monarchy: The Modern Era, 1901-today - Discover Britain
Keluarga Kerajaan Inggris
source: Discover Britain

United Kingdom memiliki sistem pemerintahan parlementer dan bentuk pemerintahannya adalah monarki. Sistem parlementer kekuasaan pemerintah terdapat pada Perdana Menteri dan Menteri lalu kekuasaan sebagai Kepala Negara berada di tangan Ratu.

Ratu dan Raja tentu mendapatkan masa jabatannya berdasarkan keturunan. Raja dan Ratu tentu akan menjabat sepanjang hidup mereka. Meski akan menjabat selamanya Raja dan Ratu hanya sebagai simbol kedaulatan dan persatuan negara dan tidak memiliki kekuasaan politik.

Tentu kekuasaan politik dipegang oleh Perdana Menteri dan Menteri. Perdana Menteri yang menjabat tentu memiliki masa jabatan yang berbeda-beda. Hal ini lumrah terjadi karena banyak Perdana Menteri tersebut memilih mundur dari jabatannya dan Perdana Menteri akan dipilih dengan melakukan pemilu.

UK lockdown: Boris Johnson imposes harsh new measures as new Covid-19  variant spreads - CNN
Boris Johnson, Perdana Menteri United Kingdom saat ini
source: CNN

Oleh karena itu Raja dan Ratu serta Perdana Menteri merupakan bagian dari Lembaga Eksekutif  dari United Kingdom.

Dalam sistem pemerintahan United Kingdom memiliki Lembaga Legislatif yaitu House of Commons dan House of Lord. Parlemen ini bersifat bikameral, dengan terdapat Dewan Bangsawan Britania Raya sebagai majelis tinggi dan Dewan Rakyat Britania Raya sebagai majelis rendah.

House of Commons disebut sebagai Majelis Rendah badan perwakilan rakyat yang anggotanya dipilih oleh rakyat dengan beranggotakan 659 orang dan menjabat selama 5 tahun. Sedangkan House of Lord atau Majelis Tinggi yang berisi para bangsawan yang terpilih berdasarkan warisan. House of Lord beranggotakan 1200 orang.

How undemocratic is the House of Lords? : Democratic Audit
Pertemuan antara Ratu dengan House of Lords dan House of Commons
source: democratic audit

Terdapat juga dua partai yang bersaing yaitu Partai buruh dan Partai Konservatif. Jika salah satu partai tersebut menang pemilu maka dalam parlemen berisi anggota partai yang menang. Lalu bagaaimana dengan partai yang kalah? Partai yang kalah akan menjadi partai oposisi.

Terakhir Lembaga Yudikatif dari United Kingdom adalah Supreme Cort of  the United Kingdom yang merupakan pengadilan tertinggi di United Kingdom.

Nah, itulah pembahasan tentang sistem pemerintahan di United Kingdom. Semoga dengan informasi ini dapat membantu!

Keep Safe and Stay Healthy ;D


Ingin membawa suasana jalan-jalan di United Kingdom dari rumah? ikuti yuk PeponiOX! Layanan Online Experience dari Peponi Travel! Bersama kita jelajahi United KIngdom langsung dari rumahmu.

Tertarik? Klik di sini untuk info lebih lanjut atau langsung saja hubungi layanan Customer Service kami di Whatsapp 0812-8931-5151 dan Jangan lupa untuk mengikuti social media kami di Instagram @peponitravel untuk mengetahui infromasi menarik lainnya! Sampai berjumpa online!


Writer: Dylen Kumara, #TeamofPeponi
Editor: Darian, #TeamofPeponi
Story of Peponi ā€“ Official Online Magazine of Peponi Travel
PT Aku Bisa Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s